Category: System Thinking

  • 5 Tipe Atasan (Bos)

    Buat yang pengen jadi atasan atau yang sedang punya bawahan, bisa membaca tulisan ini, tulisan ini memaparkan 5 kategori atasan beserta ciri-cirnya. Selamat memilih! 1. Atasan “Super Hade” Ciri2x: – Keberadaannya sangat disukai, dibutuhkan, harus ada sehingga ketiadaannya sangat dirasakan kehilangan. – Dia sangat disukai karena pribadinya sangat mengesankan, wajahnya yang selalu bersih, cerah dengan…

  • Konsep Sukses, Kaya & Pintar

    Barangsiapa yang ingin dekat dengan Allah, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling banyak manfaatnya. Jadi, Kita SUKSES bukan karena punya sesuatu, tapi kita SUKSES karena bisa memberikan sesuatu. Kita itu KAYA bukan mengumpulkan, kita itu KAYA dengan memberi. Kita PINTAR bukan dengan banyak ilmu, kita PINTAR dengan mengamalkan & menyebarkan ilmu.    

  • Jarak Menulis & Mewujudkan Mimpi

    Di suatu desa hiduplah seorang profesor dan seorang buruh tani yang tidak sekolah. Suatu ketika , saat profesor melintasi sawah dimana buruh tani sedang bekerja, kemudian tiba-tiba profesor mengahampiri dan memegang cangkul buruh tani tersebut, sambil berkata.. “Begini cara mencangkul yang benar”.. Seketika buruh tani pun mengambil kembali cangkul yang di ambil profesor tadi, dan…

  • Statistika = Akuntansi

    Terbesit bahwa ternyata ada  kesamaan ketika belajar statistika dengan akuntansi, yaitu sama-sama memberikan pesan untuk mempersiapkan pertemuan dengan Allah SWT di akhirat nanti. Berikut cara saya memandang kesamaannya: 1. Untuk matakuliah statistika kita belajar tentang populasi dan sampel, dimana kita bermain di ranah sampel untuk mengestimasi populasi. Banyak sekali penelitian-penelitian yang membutuhkan tools statistika dalam…

  • Tukang Rujak Beubeuk = Pelukis = Programmer

    Lama-lama saya berpikir bahwa ternyata antara tukang rujak beuebeuk, pelukis, &  programmer memiliki kesamaan yang prinsipel, dimana menurut saya tidak ada bedanya. Saya mengambil persamaannya dengan pendekatan pengembangan aplikasi, dan didapat 2 point yaitu 1. Tukang rujak beubeuk, pelukis & programmer bekerja dengan menggunakan objek, dimana masing-masing objek memiliki properti yang dapat kita ubah2x, dan…